Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010

MODUL WEB DENGAN POLA INSENTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS

Mertasari, Ni Made Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2010

Abstract

Modul web dengan pola insentif untuk perkuliahan bilingual padamahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika RKBI telah diimplementasikan dalam wujud paket perangkatlunak pembelajaran dan sudah dipasang di portal web. Upaya ini dilakukan untukmeningkatkan pengu-asaan mahasiswa di bidang materi perkuliahan matematika yang disajikandalam bahasa Inggris. Insentif yang lebih tinggi diberikan kepada mahasiswa yang dapatmenuntaskan materi dalam sekali kerja daripada mahasiswa yang menuntaskan materi dalam duakali kerja. Begitu seterusnya, dan apabila dalam batas waktu tertentu mahasiswa tidak mampumenuntaskan materi, maka sistem akan menyajikan materi dalam bahasa Indonesia. Pola insentifdiyakini dapat membangkitkan motivasi mahasiswa dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.Karakteristik modul web dan pembelajaran bermedia komputer seperti menjamin kontrolmahasiswa, fleksibel, bebas konteks, dan relatif bebas konvensi sosial diharapkan memilikipegaruh yang kuat untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa. Sekalipun modul webini belum diujicoba, disarankan kepada para dosen untuk mencoba menerapkan modul web ini,paling tidak sebagai media pembelajaran alternatif. Kekurangan dosen dan kekurangan saranaserta biaya paling tidak dapat dibantu oleh modul web yang dikembangkan ini untuk pembelajaransuplemen.Kata-kata kunci: modul web, pola insentif, bilingual

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...