E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 8 No 9 (2019)

PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

Ida Ayu Putri Laksmidewi Purba (Universitas Udayana)
Made Reina Candradewi (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggungjawab perusahaan tidak hanya terhadap pemiliknya atau pemegang saham saja tetapi juga terhadap para stakeholder yang terkait dan/atau terkena dampak dari keberadaan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2016. Data yang dikumpulkan dengan metode purposive sampling, diperoleh sebanyak 26 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan CSR pada perusahaan manufakur di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 – 2016. Kata kunci: Corporate Social Responsibility, leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...