E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 8 No 11 (2019)

PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

Ni Wayan Novita Diah Lestari (Universitas Udayana)
I Gde Ketut Warmika (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ubud pada bulan Desember 2018 hingga Januari 2019 dengan menggunakan responden pengelola hotel melati. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 90 responden dengan metode non probability sampling, yaitu purposive sampling. Penerapan orientasi teknologi dan orientasi pasar diukur menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif dan uji statististik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi teknologi dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Motivasi pengelola hotel melati di Kecamatan Ubud terhadap pemanfaatan teknologi sangat tinggi. Faktor pendorong motivasi pemanfaatan teknologi dengan skor rata-rata tertinggi adalah kemudahan dalam mengoperasionalkan. Orientasi pelanggan merupakan salah satu indikator dalam variabel orientasi pasar yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sehinggaa dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan memuaskan kebutuhan pelanggan dan selalu memperhatikan selera pelanggan. Kata kunci: orientasi teknologi, orientasi pasar, kinerja perusahaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...