E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 8 No 11 (2019)

PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Putu Ayu Cahya Dewi (Universitas Udayana)
Ida Bagus Panji Sedana (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2019

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat atau publik. Perusahaan diharuskan untuk menyampaikan informasi mengenai kegiatan CSR yang dilakukan, biasanya kegiatan tersebut dipublikasikan oleh perusahaan pada laporan tahunan (annual report) dan juga sustainability report. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2017. Sample penelitian ini yaitu 38 perusahaan dengan metode nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati laporan keuangan dan laporan tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa profitabilitas perpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Kata kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, corporate social responsibility

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...