JOSSAE (Journal of Sport Science and Education)
Vol 1, No 1 (2016)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEORI DAN PRAKTEK PENCAK SILAT UNTUK MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG

Elfarabi, Amjad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2017

Abstract

Pencak silat merupakan salah satu mata kuliah teori dan praktek. Mengingat media dan aktivitas pembelajaran yang menunjang untuk terlaksananya aktivitas perkuliahan yang mengarah pada ketercapaian tujuan pembelajaran belum memadai dan tidak terlalu banyak. Diperlukan kreativitas seorang dosen untuk mengembangkan sumber belajar pencak silat berupa teori dan praktek dalam bentuk buku ajar yang mengarah pada peningkatan kompetensi bidang pencak silat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar teori dan praktek pencak silat untuk mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi yang layak menurut persepsi dosen dan mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.Hasil pengembangan ini, secara umum termasuk pada kategori baik dengan analisis persentase ahli pembelajaran (83,6 %), ahli kepelatihan (78,4 %), ahli media (84,7 %), dosen pencak silat (88,3 %), uji coba kelompok kecil (79,3 %), uji coba produk i (75,2 %), uji coba produk ii (76,8%), sehingga produk ini dapat digunakan  sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran pencak silat untuk mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jossae

Publisher

Subject

Other

Description

Sport Science Physical Education Sport Coaching Sport Psychology Strength and conditioning Sport ...