E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 9 No 2 (2020)

PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat se-Provinsi Bali)

Albertino Persadanta Ginting (Universitas Udayana)
I Gusti Ayu Ketut Giantari (Universitas Udayana)
Ida Bagus Sudiksa (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh customer relationship management terhadap kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali dengan variabel keunggulan bersaing sebagai variabel pemediasinya. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah customer relationship management, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 120 staff marketing, manajer pemasaran atau pemilik di setiap BankPerkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali. Data didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan path analysis. Berdasarkan analisis ditemukannya hasil yakni customer relationship management berpengaruh secara positif dan signifikan pada kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali, variabel customer relationship management berpengaruh secara positif dan signifikan pada keunggulan bersaing Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali, variabel keunggulan bersaing berpengaruh secara positif dan signifikan pada kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali, variabel Keunggulan Bersaing memediasi customer relationship management terhadap kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali. Kata Kunci: customer relationship management, kinerja pemasaran, keunggulan bersaing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...