E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 8 No 8 (2019)

PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP UNDERPRICING SAAT IPO DI BEI

Anak Agung Gede Jayanarendra (Unknown)
Ni Luh Putu Wiagustini (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2019

Abstract

mempengaruhi underpricing pada saat Initial Public Offering (IPO). Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 102 perusahaan yang mengalami underpricing pada tahun 2013-2017 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, pengembilan sampel dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling, dengan kriteria perusahaan yang melakukan IPO di BEI pada periode 2013-2017 serta mengalami fenomena underpricing. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS 20. Temuan penelitian adalah ukuran perusahaan dan return on equity berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing, sedangkan reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi ukuran perusahaan dan return on equity, maka underpricing pada perusahaan semakin rendah. Berbeda dengan reputasi underwriter yang tidak memiliki pengaruh terhadap underpricing. Kata kunci: initial public offering, underpricing, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, return on equity

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...