E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 3 No 12 (2014)

Perilaku Beralih Konsumen Jasa Operator Axis di Kota Denpasar

Ratna Aristiya Dewi Anggraeni (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
I Gusti Agung Ketut Gede Suasana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2014

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh consumer dissatisfaction terhadap switching behavior, pengaruh service encounter failure terhadap switching behavior, serta peran variety seeking dalam memoderasi pengaruh consumer dissatisfaction terhadap switching behavior. Sampel ditentukan dengan purposive sampling dengan kriteria responden merupakan pengguna layanan jasa operator AXIS yang sudah beralih dan berdomisili di Kota Denpasar serta berpendidikan minimal SMA. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 124 responden dengan menggunakan teknik analisis MRA (Moderate Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: consumer dissatisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap switching behavior, service encounter failure berpengaruh positif dan signifikan terhadap switching behavior, dan variety seeking mampu menjadi variabel moderasi, namun memperlemah pengaruh consumer dissatisfaction terhadap switching behavior. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan manajemen AXIS dapat meningkatkan kekuatan dan jangkauan sinyal, meningkatkan kualitas pelayanan dan etika kepada setiap karyawan AXIS, memperhatikan kemutakhiran dan inovasi, tidak menyasar kelompok remaja serta melakukan pengkajian lebih lanjut dalam menentukan strategi pemasaran. Kata Kunci: consumer dissatisfaction, service encounter failure, variety seeking, switching behavior.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...