Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Vol 2, No 1 (2014):

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU

., I Gede Angga Wiantara (Unknown)
., Drs. I Made Danu Budhiarta,M Pd. (Unknown)
., dr. Made Kurnia Widiastuti Giri, S.Ked (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tolak peluru melalui penerapan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas XI-IPS I SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPS I yang berjumlah 25 orang dengan rincian 16 siswa putra dan 9 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis awal mengenai aktivitas belajar tolak peluru secara klasikal sebesar 6,04 (cukup aktif) dengan siswa yang aktif 7 orang (28%). Dimana diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 7 (aktif) dengan siswa yang aktif 16 orang (64%). Kemudian, pada siklus II meningkat menjadi 7,98 (aktif) dengan siswa yang aktif 25 orang (100%). Sedangkan hasil belajar tolak peluru pada observasi awal secara klasikal sebesar 68,22 (cukup) dengan siswa tuntas sebanyak 6 orang (24%). Pada siklus I meningkat menjadi 76,98 (cukup) dengan siswa tuntas sebanyak 16 siswa (64%). Kemudian, pada siklus II meningkat menjadi 81,59 (baik) dengan siswa tuntas sebanyak 24 orang (96%). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar tolak peluru meningkat melalui penerapan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas XI-IPS I SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja tahun pelajaran 2013/2014.Kata Kunci : Model Pembelajaran kontekstual, aktivitas, hasil belajar, tolak peluru. The research aims to improve learning activity and learning result in shoot-gun subject through contextual learning application in students of XI-IPS I of SMA Laboratorium Undiksha Singaraja in academic year of 2013/2014. This research is an action based research conducted in two cycles. The subject of this research is the students of XI-IPS I consisting of 25 students with 16 boys and 9 girls. The data were analyzed by analysis of descriptive statistic. In beginning, it was found that the average result of observation in learning activity is 6,04 (active) in which there were 7 students (28%). In the first cycle, the average result increased to 7 (active) with sixteen active students (64%). Then, the average result increased to 7.98 (active) in which there were twenty five active students (100%). Meanwhile, the learning result overall is 68,22 (sufficient) with six complete students (24%). In the first cycle, the learning result improved to 76,98 (sufficient) with sixteen complete students (64%). Then, in second cycle, it improved to 81,59 (good) with 24 complete students (96%). Based on the data analysis and explanation, it can be concluded that learning activity and learning result in shoot-gun improved through the implementation of contextual learning in students of XI-IPS I of SMA Laboratorium Undiksha Singaraja in academic year of 2013/2014.keyword : contextual learning, activity, learning result, shoot-gun.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...