Jurnal IPTA
Vol 4 No 1 (2016): Jurnal IPTA (July 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG WISATAWAN MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT MELALUI MOBILE BOOKING PADA SITUS TRAVELOKA.COM

Erni Muliana (PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD)
I Made Kusuma Negara (PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD)
Luh Gede Leli Kusuma Dewi (PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2016

Abstract

Pembelian kebutuhan perjalanan wisata secara online merupakan bagian dari transaksi business to-customer (B2C). Produk yang ditawarkan biasanya terdiri dari: pemesanan paket wisata, penjualan tiket pesawat dan kereta api, kamar hotel dan penyewaan transportasi. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong wisatawan melakukan keputusan pembelian tiket pesawat melalui mobile booking pada situs Traveloka.com serta faktor yang paling banyak berkontribusi dalam menentukan keputusan pembelian tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner online dan kuesioner yang disebarkan secara langsung (offline) kepada 250 responden, penentuan responden ditetapaka menggunakn metode purposive sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor. Hasil analisis faktor yang didapatakan menjelaskan 67,066% dari keseluruhan total variance, dan hasil analisis data menunjukkan empat faktor terbentuk yang mendorong wisatawan melakukan keputusan pembelian tiket pesawat melalui mobile booking pada situs Traveloka.com, yaitu: kemudahan dan sistem informasi website (24,396 %), pelayanan konsumen/customer service (15,211%), citra perusahaan (14,681 %), dan motivasi pembelian (12,779%), adapun faktor yang paling berkontribusi dalam mendorong wisatawan melakukan keputusan pembelian tiket pesawat melalui mobile booking pada situs Traveloka.com adalah faktor terbentuk yang memiliki faktor laoding tertinggi dari keseluruhan faktor yang terbentuk, yaitu faktor “Kemudahan dan Sistem Informasi Website”, faktor ini terdiri dari 13 variabel yakni: (1) Kemudahan pencarian situs web, (2) kecepatan waktu mengakses (load time), (3) nama domain perusahaan, (4) kemudahan pemesanan, (5) Informasi yang lengkap, (6) Informasi yang akurat, (7) Informasi yang menarik, (8) Pemaparan informasi yang tepat, (9) Ketersediaan dan aksesibilitas, (10) Harga yang kompetitif, (11) Pengalaman secara keseluruhan, (12) Keamanan data pribadi, dan (13) Keamanan sistem pembayaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pariwisata

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal IPTA published twice a year on July and December by The Department of Tours and Travel Studies, Faculty of Tourism, Udayana University, Denpasar Bali. The publication of this journal is a scientific journal in the field of tour and travel research. The manuscript can be research papers, ...