Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar teknik passing bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non randomized control group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX A dan IX B SMP Saraswati Singaraja Tahun Pelajaran 2018 dengan jumlah 41 orang siswa. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen nilai pretest didapatkan rata-rata nilai 66,81 sedangkan kelompok kontrol 64,80 kemudian hasil nilai posttest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata 83,09. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata 77,46. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,15 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,17. Angka signifikansi yang didapatkan melalui Uji Independet Samples T-test adalah sig0,001
Copyrights © 2017