Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Vol 5, No 2 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS IX SMP SARASWATI SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2018

., I Kadek Agus Eka Diatmika (Unknown)
., Drs. I Made Danu Budhiarta, M Pd. (Unknown)
., dr. Putu Adi Suputra, S.Ked., M.Kes. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar teknik passing bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non randomized control group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX A dan IX B SMP Saraswati Singaraja Tahun Pelajaran 2018 dengan jumlah 41 orang siswa. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen nilai pretest didapatkan rata-rata nilai 66,81 sedangkan kelompok kontrol 64,80 kemudian hasil nilai posttest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata 83,09. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata 77,46. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,15 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,17. Angka signifikansi yang didapatkan melalui Uji Independet Samples T-test adalah sig0,001

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...