Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode card sort terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quase experiment dengan populasinya adalah siswa kelas VIII MTs NW Semaya yang jumlah keseluruhannya 40. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIIIA berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional dan kelas VIIIb berjumlah 20 orang sebagai kelas eksprimen yang diberi perlakuan metode card sort. Analisis data menggunakan Anava yang sebelumnya instrumennya telah diuji validitas dan reabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperiment (83,25) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (63,25). Hasil pengujian hipotesis, yaitu nilai F-hitung lebih besar dengan nilai F-tabel (39,718 > 4,10) yang artinya bahwa ada pengaruh metode Card Sort terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017.
Copyrights © 2018