Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi indikasi gangguan perseptual motorik pada perkembangan motorik siswa TK Aisyiyah se-Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK Aisyiyah se-Kota Sukabumi yaitu TK Aisyiyah Kota Sukabumi 1 dan TK Aisyiyah Kota Sukabumi 2, dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 69 orang. Untuk mendeteksi gangguan perseptual motorik yang dapat dilakuan dengan sebuah tes perseptual motorik, salah satu tes untuk mengetahui gangguan peseptual motorik, adalah tes perseptual motorik dari Jack Capon, meliputi tes: mengenal bagian tubuh, berjalan di atas papan, meloncat bergantian kaki tumpu, melompat dan mendarat, haling rintang, menangkap bola, kemudian mencatat data yang ada dengan bantuan lembar observasi yang telah dibuat dan yang terakhir mengecek lembar observasi yang telah dicatat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kemampuan perseptual motorik siswa TK Aisyiyah se-Kota Sukabumi dalam kategori cukup sebesar 68.12%, kategori baik sebesar 31.88%, dan tidak ada yang termasuk dalam kategori kurang.
Copyrights © 2017