Jurnal FISIP : SOUL
Vol 6 No 1 (2013): SOUL

HUBUNGAN ANTARA ATTACHMENT DAN SELF ESTEEM DENGAN NEED FOR ACHIEVEMENT PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 CAKUNG JAKARTA TIMUR

Indah Muslimah, Alfiana (Unknown)
Wahdah, Nadiatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara attachment dan self esteem dengan need for achievement pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 8 Cakung Jakarta timur. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 8 Cakung Jakarta timur, laki-laki maupun perempuan yang memiliki rentang usia 15-17 tahun. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 orang. Penelitian ini menggunakan teknik randam sampling. Adapun skala yang digunakan pada variabel attachment disusun berdasarkan skala dari inventory of parent and peer attachment (IPPA). Skala self esteem yang digunakan diadaptasi dan dimodifikasi berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Coopersmith dan skala need for achievement digunakan berdasarkan karakteristik yang dikemukakan McClelland (dalam Supriyo). Sebelum angket disebar kepada sampel penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas item yaitu dengan bantuan program SPSS (statistical Product and Service Solution) versi 17.00 for windows.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas SPSS (statistical Product and Service Solution) versi 17.00 for windows. Hasil analisis data dengan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson menunjukkan bahwa antara attachment dengan need achievement menunjukkan nilai r = 0.376 > 00.5 artinya, ada hubungan positif yang sangat signifikan antara attachment dengan need achievement. semakin tinggi attachment yang dimiliki timur maka semakin tinggi need achievement sebaliknya semakin rendah attachment yang dimiliki maka semakin rendah pula need achievement yang dimiliki. Sedangkan hubungan self esteem dengan need achievement menunjukkan nilai r = 0.649 > 0.05, artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara self esteem dengan need achievement, semakin tinggi self esteem, maka semakin tinggi need achievement yang dimiliki dan sebaliknya semakin rendah self esteem maka semakin rendah pula need achievement yang dimiliki siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 8 Cakung Jakarta timur. Analisis koefisien determinasi (R2) pada korelasi antara attachment dan self esteem dengan need achievement menunjukkan angka sebesar 0.429, berarti attachment dan self esteem memiliki sumbangan sebesar 42.9% terhadap need achievement dan pengaruh variabel lain sebesar 57.1%, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara attachment dan self esteem dengan need achievement.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

soul

Publisher

Subject

Education

Description

Soul: Jurnal Ilmiah Psikologi adalah jurnal ilmiah dalam bidang Psikologi, mencakup Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, serta tidak menutup akses pada Psikologi Olahraga, Psikologi Politik, Psikologi Seni, dan lain-lain. Artikel yang diterima oleh Soul: Jurnal ...