MIMBAR (Jurnal Sosial dan Pembangunan)
Volume 21, No. 4, Tahun 2005 (Terakreditasi)

Ekspektasi Mahasiswa Unisba Terhadap Kuliah Pendidikan Agama Islam Perspektif Psikologi Eksistensial

Ayi Sobarna (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2005

Abstract

Salah satu diskursus dalam ilmu-ilmu sosial yang populer belakangan ini adalah pergeseran paradigma (shifting paradigm). Di dunia pendidikan, pergeseran terjadi dari pola pendidikan yang terpusat pada guru/dosen (teacher centered pattern) ke arah pola pendidikan yang terpusat pada siswa (pupil centered pattern). Ide mendasarnya adalah pengembangan kreativitas dan aktualisasi diri para siswa. Akan tetapi, pendidikan di Indonesia disinyalir belum mampu mengembangkan kreativitas dan aktualisasi diri para siswa. Secara sosial, hubungan antara siswa dan guru berpola vertical dan komunikasi berlangsung secara top-down. Padahal, salah satu tugas guru adalah menyadari bahwa siswa sebagai individu harus dihargai dan bahwa mereka memiliki sejumlah hak yang harus dilindungi, termasuk di dalamnya harapan (expectation). Inilah yang menjadi latar belakang mengapa penggalian ekspektasi mahasiswa Unisba terhadap perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi tampak sangat penting. Penulis menemukan bahwa ekspektasi mahasiswa Unisba terhadap kuliah PAI merepresentasikan harapan manusia modern terhadap agama. Mereka berharap, kuliah PAI memberikan guide untuk menunjukkan jalan yang lurus dari jalan yang sesat. Munculnya ekspektasi-ekspektasi tersebut menunjukkan bahwa pandangan mereka terhadap agama sangat efektif. Inilah yang membedakan situasi zaman sekarang ini dengan situasi di Eropa Barat pada saat Eksistensialisme lahir.

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

mimbar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel tersebut belum termuat didata saya yang diterbitkan GARUDA, dan Jurnal tersebut sudah terakreditasi SINTA 2, terima ...