MIMBAR (Jurnal Sosial dan Pembangunan)
Volume 20, No. 4, Tahun 2004 (Terakreditasi)

Mengembangkan Suasana Pendidikan Berbasis “Learning Oriented” dalam Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa

Ike Junita Triwardhani (Bidang Kajian Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2004

Abstract

Era informasi memicu perubahan di banyak hal. Perubahan, pergeseran paradigma, dan cara berpikir telah menerpa banyak hal, di antaranya adalah bidang pendidikan. Perubahan paradigma di bidang pendidikan dipicu oleh perubahan karakter dasar dari subjek pendidikan, yaitu anak didik. Mereka sekarang ini datang ke sekolah penuh dengan segala macam informasi. Kemudian muncul cara belajar dengan menggunakan metode belajar Learning Oriented yang bermuara pada perubahan inti proses belajar dari fokus pada materi dan mengajar menjadi fokus kepada anak didik. Artinya, apa yang menjadi karakter dasar, cara berpikir, dan apa yang dibutuhkan anak didik mulai dianggap menjadi hal terpenting dalam proses belajar mengajar. Metode ini memberi ruang bagi mahasiswa untuk mengeluarkan potensi dirinya secara lebih optimal. Hal menarik yang dikaji dalam tulisan ini adalah tentang bagaimana mengembangkan suasana pendidikan berbasis Learning Oriented, khususnya dalam pembelajaran kewirausahaan mahasiswa. Permasalahan ini dijabarkan dalam: (1) Bagaimana kaitan antara era informasi dan perubahan paradigma dalam dunia pendidikan? (2) Bagaimana memahami perkembangan teknologi informasi yang menyebabkan perubahan terhadap cara berpikir (mindset) mahasiswa? (3) Bagaimana peran metode Learning Oriented sebagai keniscayaan di zaman sekarang? (4) Bagaimana penerapan metode Learning Oriented dalam pembelajaran kewirausahaan pada mahasiswa?Informasi sekarang ini relatif lebih mudah didapatkan, tidak terkecuali bagi mahasiswa. Tetapi hal ini tidak otomatis membuat mahasiswa bisa mengonstruksinya menjadi sebuah pemahaman yang baik dan terarah mengenai sesuatu hal. Mereka tetap memerlukan bimbingan yang akan membantunya memposisikan dirinya di era yang penuh perubahan. Metode belajar Learning Oriented relevan untuk menjawab tantangan tadi. Anak didik akan lebih tertarik dan akan memberikan motivasi internal untuk belajar lebih dalam. Pada pembelajaran kewirausahaan, mahasiswa banyak memperoleh wawasan, baik dari buku maupun apa yang terjadi di lapangan. Selain itu, mereka juga terbiasa untuk menggali potensi yang ada pada dirinya sehingga dapat membantu untuk menentukan kemana arah mereka sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Dengan Learning Oriented, diharapkan pendidikan lebih memberikan atmosfer belajar mengajar untuk mengoptimalkan potensi diri pelaku belajar. Mahasiswa diharapkan lebih berani untuk mengungkapkan gagasan atau ide-ide serta mempelajari risiko yang akan muncul. Pengajar diharapkan dapat menjadi fasilitator bagi pengembangan ide-ide mahasiswa. Diharapkan juga institusi pendidikan tinggi mempunyai kontribusi dan peran yang signifikan kepada masyarakat, terutama menghadapi zaman yang semakin cepat berubah.

Copyrights © 2004






Journal Info

Abbrev

mimbar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel tersebut belum termuat didata saya yang diterbitkan GARUDA, dan Jurnal tersebut sudah terakreditasi SINTA 2, terima ...