MIMBAR (Jurnal Sosial dan Pembangunan)
Volume 23, No. 2, Tahun 2007 (Terakreditasi)

Studi Tentang Harapan Orang Tua dalam Pembinaan Anak Pada TK/RA di Desa Tani Mulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung

Erhamwilda Erhamwilda (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Universitas Islam Bandung (S1 – Akreditasi B/2015))



Article Info

Publish Date
17 Jun 2007

Abstract

Di TK/RA ditemukan adanya penyelenggaraan pembelajaran anak yang lebih banyak terfokus pada salah satu aspek kepribadian. Diasumsikan salah satu penyebabnya adalah karena sekolah ingin memenuhi harapan orangtua. Hal ini secara  kuantitatif perlu di buktikan melalui penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang: harapan orang tua tentang tujuan, materi / isi, pendekatan /metoda, guru-guru, dan kriteria keberhasilan pembelajaran anak di TK/RA. Peneitian ini dilakukan dengan metoda dekriptif analisis dan teknik pengumpulan data angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan orang tua pada perkembangan aspek kognitif  anak khususnya baca, tulis, hitung dominan, sedangkan harapan pembelajaran yang sesuai kurikulum TK /RA sangat sedikit. Keberhasilan pembelajaran anak sebagian besar dinilai orang tua berdasarkan kemampuan baca tulis dan hitung.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

mimbar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel tersebut belum termuat didata saya yang diterbitkan GARUDA, dan Jurnal tersebut sudah terakreditasi SINTA 2, terima ...