Jurnal Anestesiologi Indonesia
Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Anestesiologi Indonesia

Strategi Proteksi Serebral Untuk Operasi Rekonstruksi Arkus Aorta

Fredi Heru Irwanto (Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif/ RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang)
Rudy Yuliansyah (Bagian Anestesiologi dan Terapi Intensif, Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta)
Chairil Gani Koto (Bagian Anestesiologi dan Terapi Intensif, Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Intervensi pembedahan pada pada rekonstruksi arkus aorta menyebabkan perubahan pada aliran darah ke otak yang bersifat temporer. Pasien yang menjalani ini memiliki resiko yang tinggi terhadap kelainan neurologis. Proteksi serebral harus menjadi implikasi utama pada pasien-pasien yang menjalani prosedur ini. Hipotermia mengurangi aliran darah ke otak dan menurunkan laju metabolisme oksigen di otak. Perfusi cerebral retrograde biasanya diaplikasikan bersama dengan teknik hipotermia. Perfusi cerebral antegrade secara teoritis lebih fisiologis dibanding metode hipotermia dan perfusi retrograde. Perfusi antegrade memberikan waktu proteksi yang lebih panjang dan bermafaat untuk prosedur yang komplek.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JAI

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Anestesiologi Indonesia (JAI) diterbitkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif (PERDATIN) dan dikelola oleh Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis ...