Jurna lAntropologi Indonesia
Vol 37, No 2 (2016): Antropologi Indonesia

Restorasi Tingkat Mikro Dalam Sistem Sosial Budaya Indonesia Untuk Mencegah Kematian Ibu

Sari Viciawati Machdum (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia)
Sofyan Cholid (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia)
Annisah . (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia)
Johanna Debora Imelda (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2017

Abstract

Kompleksitas budaya dan wilayah di Indonesia membuat pelaksanaan perlindungan sosial menjadi tidak mudah. Para ibu memiliki faktor internal yang membuat mereka belum dapat mengetahui dan/atau bersedia memanfaatkan program perlindungan sosial di bidang kesehatan secara optimal, sehingga Angka Kematian Ibu (AKI) pada tahun 2015 yang tidak menurun. Penelitian ini menemukan bahwa ada permasalahan faktor internal yang menjadi kekhasan ibu yang usianya masih muda. Selain mereka terhambat oleh perihal administrasi karena belum cukup usia, ibu yang berumur remaja menjadi rentan karena aspek psikologis-nya yang belum matang. Di tengah kondisi sosial dan budaya yang tidak mendukung, kerentanan terhadap para ibu di usia muda menjadikan mereka berada pada posisi yang semakin lemah. Padahal pertumbuhan dan perkembangan para ibu yang sedang mengandung tidak hanya membutuhkan dukungan untuk kebutuhan fisiknya semata. Aspek psikologis juga penting. Bahkan kedua aspek tersebut dapat memberikan implikasi terhadap kesehatan fisik secara langsung. Dalam kaitannya dengan kerentanan ibu di usia remaja, tataran mikro dalam sistem sosial budaya yang kompleks di Indonesia pun menjadi perhatian yang menentukan.Kata Kunci: Jaminan Kesehatan, Kematian Ibu, Kehamilan Tidak Diinginkan, Perlindungan Sosial, Pemasaran Sosial.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JAI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ANTROPOLOGI INDONESIA was published to develop and enrich scientific discussion for scholars who put interest on socio-cultural issues in Indonesia. These journals apply peer-reviewed process in selecting high quality article. Editors welcome theoretical or research based article submission. ...