CONSILIA
Vol 2, No 3 (2019)

Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama Siswa Kelas XI Di SMA 9 Kota Bengkulu

Obby Anggi Saksana (Universitas Bengkulu)
I Wayan Dharmayana (Universitas Bengkulu)
Afifatus Sholihah (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap perilaku prososial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 9 kota Bengkulu dan sampel 24 siswa yang memiliki perilaku prososial kategori rendah, sedang dan tinggi pada saat pre-test dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku prososial dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan perilaku prososial siswa meningkat setelah diberikan layanan pengusaan konten dengan teknik sosiodrama. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t (nilai t = -13,625, (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap perilaku prososial siswa di kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.Kata kunci: layanan penguasaan konten, perilaku prososial, teknik sosiodrama

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...