AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 8 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.521adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMP N 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci: komunikasi interpersonal, siswa, bimbingan kelompok
Copyrights © 2019