ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap efektivitas belajar siswa di SMP Negeri 22 Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa dari kelas VIII B di SMPN 22 Bengkulu dan Sampel 10 yang memiliki efektivitas belajar ketegori rendah dan sedang pada saat pre-test dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkanadanya pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatanefektivitas belajar pada siswa. Hal ini dapat dlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.850 (p<0,05) maka H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatan efektivitas belajar pada siswa.Kata kunci: penguasaan konten, efektivitas belajar.
Copyrights © 2019