Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 11, No 2 (2010)

PENGEMBANGAN PAKET PELATIHAN MENYELESAIKAN KONFLIK INTERPERSONAL SECARA KONSTRUKTIF BAGI SISWA SMA

Budi Purwoko, (Unknown)
Retno Tri Hariastuti, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan paket pelatihan menyelesaikan resolusi konflik interpersonal bagi siswa SMA dengan menggunakan model belajar experiential learning. Selanjutnya hasil pengembangan paket diuji akseptabilitas dan efektifitasnya. Uji akseptabilitas melalui uji ahli dan uji kelompok kecil dengan subyek Konselor menunjukkan bahwa paket bimbingan yang dikembangkan berguna, layak, dan tepat sehingga memenuhi kriteria akseptabilitas. Sedangkan berdasar uji efektivitas terhadap sebelas siswa dengan desain “one group pretest-postest design”  menunjukkan bahwa paket bimbingan yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kecakapan resolusi konflik interpersonal.

Copyrights © 2010