JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 7, No 1 (2019): JE VOL 7 NO 1 (2019)

INTELIJENSI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH UPS MANTOS

Furqon, Moh Hifdil (Unknown)
Tumbuan, Willem J.F.A (Unknown)
Raintung, Michael Ch. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2019

Abstract

Abstrak :Intelijensi Pemasaran sangat penting bagi perusahaan yang terkait untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam menghadapi persaingan. Sehingga apabila intelijensi pemasaran dilakukan dengan maksimal maka informasi mengenai data pesing bisa didapatkan dan perusahaan akan dapat mengambil keputusan berkaitan dengan informasi tersebut. Perusahaan menerapkan intelijensi pemasaran berdasarkan atas aktivitas intelijensi, faktor intelijensi, dan sumber intelijensi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari tentang intelijensi pemasaran dalam upaya mempertahankan keunggulan kompetitif yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Syariah Manado dalam mencapai visi dan misi PT. Pegadaian Syariah UPS Mantos. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan wawancara tertulis dalam tekhnik penelitiannya untuk mengumpulkan data berkaitan tentang intelijensi pemasaran, setelah wawancara tertulis dilakukan peneliti kemudian menganalisisnya dengan reduksi data, penyajian data dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Aktivitas yang dilakukan berupa aktivitas merancang keunggulan kompetitif yang prosedurnya berdasarkan empat langkah utama yaitu : menyusun sistem, mengumpulkan data, mengevaluasi dan menganalisis data, dan menyebarluaskan informasi dan menanggapi permintaan. Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan, sebaiknya perusahaan selalu melakukan intelijensi pemasaran agar selalu mendapat informasi yang penting yang berkaitan dengan strategi pemasaran perusahaan.  Kata Kunci: aktivitas intelijensi, faktor intelijensi, dan sumber intelijensi pemasaran.                   

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...