Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 2 (2011)

PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH

Nofa Mauluda, (Unknown)
Najlatun Naqiyah, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2011

Abstract

Rendahnya tanggung jawab siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dikarenakan adanya masalah pribadi dan salah pemahaman tentang pemberian Pekerjaan rumah oleh siswa. Mereka menganggap bahwa Pekerjaan rumah itu tidak penting, sehingga mereka mengerjakan dengan mencontek teman sekelasnya dan  lebih suka mengerjakan di sekolah setiap hari sebelum pelajaran dimulai. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin menguji penggunaan konseling kelompok realita untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kedungadem. Dalam pelaksanaannya, mereka sangat antusias untuk mengikuti perlakuan dan mereka merasa bahwa kegiatan konseling kelompok realita dengan intervensi WDEP ini sangat menguntungkan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pre-test and post test. Subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-B yang memiliki tanggungjawab dalam mengerjakan PR yang rendah. Dalam mengumpulkan data metode yang digunakan adalah metode angket. Dengan  menggunakan teknik statistik non parametrik untuk digunakan sebagai menganalisis data. Hasil yang diperoleh adalah nilai ñ = 0.016 dan  lebih kecil dari nilai signifikan á = 0,05. Hasil dari nilai ini menunjukkan adanya peningkatan skor tanggung jawab siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah antara sebelum dan sesudah perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode ini dapat diterapkan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan rumah di SMP Negeri 1 Kedungadem.

Copyrights © 2011