Teknika
Vol 6, No 2 (2005)

Pengaturan Motor Induksi Putaran Rendah Menggunakan Metode Kontrol Adaptif

Noor Tjahjono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2005

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan pengontrolan motor induksi tiga fasa rotor sangkar pada putaran rendah dalam arti dalam kondisi arus dan torsi motor besar dengan menggunakan metode algoritma kontrol adaptif. Dalam hal ini model motor diturunkan dengan menggunakan konsep vektor kontrol dalam kerangka acuan fluks rotor yang bertujuan untuk melakukan pemisahan antara arus penghasil fluks dan arus penghasil torsi motor. Dalam proses pengontrolannya, metode kontrol adaptif yang digunakan ada dua macam, yaitu pengontrolan  fluks rotor dengan menggunakan metode komposit adaptif, sedangkan untuk mengontrol putaran motor digunakan metode kontrol adaptif model acuan. Hasil running program model motor dan metode kontrol yang digunakan dengan menggunakan Simulink dari Matlab menunjukkan bahwa pada putaran acuan antara 20 hingga 100 rpm, putaran motor menunjukkan respon tanpa overshoot dengan waktu turun 0,1 detik. Motor juga memiliki ketegaran terhadap perubahan torsi beban. Perubahan sebesar torsi nominal motor hanya menyebabkan kejutan putaran sebesar 3% yang dapat diperbaiki dalam waktu 3 sampai 5 mdetik. Low Speed Drive Of Induction Motor Using Adaptive Control Method This paper described the speed drive of squirrel-cage three phase induction motor on low speed and high torque condition using adaptive control algorithm. Vector control concept on rotor flux reference adopted to get motor model in separated motor’s current which producing flux rotor and motor torque.There were two adaptive control methods applied on the control mode. First, composite adaptive method for controlling rotor flux, and secondly, model reference adaptive control method used for controlling motor speed.Running program in Stimuli link from Mat lab shows that at set point 20 rpm to 100 rpm, motor response has no overshoot with 0.1 second in decrease time. Besides that, motor has robustness to the change of load motor. Changing of load motor as heavy as its nominal load just gives 3% in overshoot and will be settled in 3 mille second  to 5 mille second.

Copyrights © 2005