Studi mengenai pemilihan sikat
karbon sangat jarang sekali dilakukan dan ini sangat diperlukan sebagai
informasi secara praktis tentang jenis-jenis dan karakteristik sikat karbon
yang akan diaplikasikan pada alternator pengisi aki. Informasi ini dapat digunakan
sebagai petunjuk/pengetahuan praktis bagi teknisi yang belum mengenal jenis dan
karakteristik sikat karbon. Atas dasar itulah maka dilakukan penelitian tentang
sikat karbon yang diaplikasikan pada alternator.
Tujuan penelitian
ini agar dapat diketahui dampak dari pemasangan sikat dengan berbagai macam
jenis pada sebuah alternator. Setelah dilakukan penelitian diharapkan memberikan
informasi praktis mengenai sikat karbon yang paling cocok diaplikasikan pada
alternator. Dalam penelitian ini alternator sebagai media dibatasi hanya pada
alternator mobil Mitsubishi L 300 dan beberapa variabel yang dijadikan sebagai
kontrol. Prosedur dalam penelitian ini adalah dengan cara pemasangan beberapa
jenis sikat karbon dalam rentang waktu, tempat, dan ukuran yang sama pada
sebuah alternator. Kemudian dilakukan penelitian terhadap hasil output tegangan
yang dikeluarkan dan juga seberapa besar tingkat keausan pada sikat karbon dan
juga slip ring pada alternator.
Setelah didapatkan data penelitian
dilakukan analisis sesuai dengan buku penunjang. Pengumpulan data juga
dilengkapi dengan wawancara dengan ahli, dan brosur karakteristik sikat dari
perusahaan produsen sikat karbon.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan
bahwa sikat karbon yang paling cocok untuk aplikasi alternator pada mobil
Mitsubishi L 300 adalah sikat dengan ketentuan tingkat ketahanan tekan yang
tinggi, apparent density yang tinggi,
berbahan tembaga dan graphite (electro-graphite) dan mempunyai nilai
hambatan yang rendah.
Copyrights © 2010