Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 16, No 2 (2009)

PENINGKATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI ADAPTASI MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY DI KELAS IX SMPN 36 SURABAYA

Anis Sulistiyanah, (Unknown)
Endah Suwarni, (Unknown)
Mitarlis, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2009

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  keterlaksanaan pembelajaran biologi dengan media puzzle di kelas IX pada materi adaptasi makhluk hidup di kelas IX SMPN 36 Surabaya. Kedua untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan yang ketiga adalah untuk mengetahui  respon siswa terhadap pembelajaran  dalam kegiatan Lesson Study. Lesson Study merupakan model pembinaan profesional guru dengan melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar , yang terdiri dari kegiatan plan, do dan see. Dari hasil lembar observasi tentang keterlaksanaan proses pembelajaran , 85,7% observer mengemukakan bahwa proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan 14,3% mengatakan cukup baik. Dari hasil tes diperoleh hasil 82,5%  siswa tuntas (33 siswa) , sedangkan siswa yang tidak tuntas sebesar 17,5 % (7 siswa).  Namun secara klasikal siswa kelas IX D tahun akademik 2009/1020 tuntas  dengan nilai rata-rata  diatas KKM  yaitu 80,125 > 70. Hasil respon siswa memberikan respon positif hampir pada semua aspek dengan rentang antara (50% -100%)

Copyrights © 2009