Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran biologi dengan media puzzle di kelas IX pada materi adaptasi makhluk hidup di kelas IX SMPN 36 Surabaya. Kedua untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan yang ketiga adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dalam kegiatan Lesson Study. Lesson Study merupakan model pembinaan profesional guru dengan melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar , yang terdiri dari kegiatan plan, do dan see. Dari hasil lembar observasi tentang keterlaksanaan proses pembelajaran , 85,7% observer mengemukakan bahwa proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan 14,3% mengatakan cukup baik. Dari hasil tes diperoleh hasil 82,5% siswa tuntas (33 siswa) , sedangkan siswa yang tidak tuntas sebesar 17,5 % (7 siswa). Namun secara klasikal siswa kelas IX D tahun akademik 2009/1020 tuntas dengan nilai rata-rata diatas KKM yaitu 80,125 > 70. Hasil respon siswa memberikan respon positif hampir pada semua aspek dengan rentang antara (50% -100%)
Copyrights © 2009