Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 4 (2011)

PENERAPAN METODE THINK, TALK, WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Abdul Muktadir, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2011

Abstract

Abstrak Indonesia Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf eksposisi dengan penerapan metode Think, Talk, Write (TTW) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 29 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 29 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar hasil menulis paragraf eksposisi siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 22,5 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 25,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 18,5 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 23,5 dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil tes menulis paragraf eksposisi pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 68,75 dengan ketuntasan belajar menulis paragraf eksposisi secara klasikal mencapai 60% dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 77,6 dengan ketuntasan belajar menulis paragraf eksposisi secara klasikal mencapai 85%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan menerapkan metode Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan siswa dalam menulis paragraf eksposisi. Abstrak Bahasa Inggris This research is a Classroom Action Research (PTK) which aims to improve the quality of student learning and improve student skills in writing paragraphs exposition with application of the method Think, Talk, Write (TTW) in Indonesian Language in Elementary School 29th class V Bengkulu City. The research was conducted in two cycles each cycle consisting of 2 meetings with the research subject is the teacher and class V students of SDN 29 the city of Bengkulu by the number of students 20 people. The instruments used consist of observation sheets and sheets of teachers and students write a paragraph of exposition students. Test data were analyzed by using the average value, the percentage of student learning exhaustiveness, while the observational data were analyzed by using the average scores and criterion scores. From the research that was done in two cycles there was an increase in the activity of teachers and students. For the activity of teachers in the cycle I obtained an average score of 22.5 with the criteria fairly and on the cycle II obtained an average score of 25.5 with a good criterion. For students on the activity cycle I obtained an average score of 18.5 with the criteria fairly and on the cycle II obtained an average score of 23.5 with a good criterion. Then to write a paragraph of exposition test results on the cycle I got a grade average of 68.75 with the thoroughness learning to write paragraphs in the classical exposition reached 60% and for the second cycle of the average values ​​obtained with the thoroughness 77.6 class to learn to write paragraphs in exposition classical reached 85%. From the results of this study can be concluded that the process of learning to write paragraphs by applying the method of exposition Think, Talk, Write (TTW) can improve the quality of the learning process and student skills in writing paragraphs exposition.  

Copyrights © 2011