Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar peristiwa alam terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidikalang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design yaitu model eksperimen semu yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidikalang tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 208 siswa dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 33 siswa, yakni kelas VII-4 untuk kelas pre-test dan post-test. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 63,33 dan standar deviasi sebesar 8,03 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata 76,81dan standar deviasi sebesar 6,83. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,10 selanjutnya diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,03. Kriteria pengujian adalah jika harga thitung > ttabel atau 7,10 > 2,03 hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti media gambar efektiv digunakan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi.Kata Kunci: Media gambar, menulis teks eksplanasi
Copyrights © 2018