cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 283 Documents
PERBANDINGAN PUISI DOAKARYA AMIR HAMZAH DAN DOA KARYA SANUSI PANE Cindy Geofany; Deby Triananda; Erlinda Sari E.
Asas: Jurnal Sastra Vol 7, No 3 (2018): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.182 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v7i3.10694

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang perbandingan puisi Doa karya Amir Hamzah dan Sanusi Pane. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan persamaan aspek-aspek religius pada puisi Doa karya Amir Hamzah dan puisi Doa karya Sanusi Pane. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang sumber datanya diperoleh dari puisi Doa dengan menggunakan pendektan sastra bandingan yang berfokus pada teori Hutomo.Hasil dari penenlitian ini adalah adanya hubungan persamaan dengan puisi  Doa karya Amir Hamzah dan Sanusi Pane. Persamaan tersebut dapat dilihat dari gaya penulisan, judul, makna, dan kedua penyair tersebut juga sama-sama menyebut Tuhan dengan sebutan kekasih. KataKunci: perbandingan, puisi, doa
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah Wulansari Siswa Kelas X SMANegeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/2013 Luthfi Hirmainy
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i3.1567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaanmodelPembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu TerhadapKemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya AisyahWulansari Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang di kelas eksperimen dan30 orang di kelas kontrol, dari 177 populasi yang terdiri dari 5 kelas. Teknikyang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik sampel acak kelas. Kelaseksperimen dikenai perlakuan dengan model kooperatif tipe Dua Tinggal DuaTamu, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan modelkonvensional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeeksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign.Untukmemperoleh data digunakan tes essay menemukan nilai moral dalamcerpen.Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah81,16 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 67,53. Berdasarkan hasil analisisdata, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tipe Dua Tinggal Dua Tamuberpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen“Si Cacat” karya Aisyah Wulansari pada siswa kelas X SMA Negeri 1 TanjungTiram Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.Kata Kunci: Pengaruh–Model Dua Tinggal Dua Tamu–Menemukannilai moral cerpen
PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Sri Lestari Siregar; Tiur Asi Siburian
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 4 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i4.3817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah  two group post-test design dengan populasi penelitian sebanyak 315 siswa, dan dijadikan sample sebanyak 70 orang siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW)dan model konvensionalmasing-masing 71,28 dan 80. Berdasarkan uji normalitas data variabel eksperimen diperoleh < yaitu 0,12<0,14, sedangkan pada variabel kontrol diperoleh < yaitu 0,11<0,14 sehingga data variabel eksperimen dan kontrol dapat dinyatakan bahwa sampel berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai < pada taraf nyata ???? = 0,05 yakni 1,13<1,78 sehingga dinyatakan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang kelompok homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahui to sebesar 4,21, kemudian dikonsultasikan dengan  pada taraf signifikan 95%  dengan dk = +–2) = 35+35–2= 68, dari dk 68 diperoleh > yaitu 4,21>1,66. Dengan demikian, hipotesis dapat diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Think Talk Write (TTW) berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen. Kata Kunci: model Think Talk Write (TTW), unsur-unsur Intrinsik, cerpen
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNINGTIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “DAERAH GARONG” KARYA M. SHOIM ANWAR OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 DAHRIANSYAH SITUMEANG
Asas: Jurnal Sastra Vol 1, No 1 (2012): asas: jurnal sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v1i1.224

Abstract

This study aims to determine which is most significant and influential efektiifbetween  learning  models  Learning  Cooperatif  STAD  type  of  learning  modelLearning Completed the ability to analyze the intrinsic elements of short stories.The  effectiveness  of  this  model  can  be  seen  from  the  differences  in  learningoutcomes / elements of the intrinsic ability to analyze short stories in Class XIscience  students  SMA  Negeri  1  Sibolga  Learning  Year  2010/2011.  The  studypopulation was all students in grade XI IPA SMA Negeri 1 Sibolga Learning Year2010/2011 which amounted to 170 people. Samples taken in this research clusteras many as 68 people randomly from the population.
PENGARUH MEDIA TELEVISI “MY TRIP MY ADVENTURE”TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Monica Putri Manurung; Tiur Asi Siburian
Asas: Jurnal Sastra Vol 6, No 1 (2017): ASAS
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.316 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v6i1.7671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi “My Trip My Adventure” terhadap kemampuan menulis teks deskripsisiswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 444orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) dengan cara mengambil subjek secara acak dan terpilih kelas VII-K sebagai sampel dalam penelitian ini.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain.Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test57,08, standar deviasi 12,82. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 88,61dan standar deviasi adalah 12,41. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test.. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-testdinyatakan berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 10,51. Selanjutnya dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,03 , karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 10,512,03, maka(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif () diterima.Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan media televisi “My Trip My Adventure”berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 Kata kunci: Pengaruh, Media Televisi “My Trip My Adventure”, Menulis,Teks Deskripsi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi “My Trip My Adventure” terhadap kemampuan menulis teks deskripsisiswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 444orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) dengan cara mengambil subjek secara acak dan terpilih kelas VII-K sebagai sampel dalam penelitian ini.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain.Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test57,08, standar deviasi 12,82. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 88,61dan standar deviasi adalah 12,41. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test.. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-testdinyatakan berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 10,51. Selanjutnya dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,03 , karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 10,512,03, maka(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif () diterima.Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan media televisi “My Trip My Adventure”berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 Kata kunci: Pengaruh, Media Televisi “My Trip My Adventure”, Menulis,Teks Deskripsi.
PENGARUH PENGUASAAN KONTEKS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 Eka Yanne Noriska Sinaga
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 2 (2013): Asas: Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i2.989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh penguasaankonteks situasi terhadap kemampuan membaca pemahaman oleh siswa kelas VIISMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Josua Medan yang berjumlah 197orang. Sampel penelitian ini ditetapkan dengan sistem random atau acakberjumlah 38 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkorelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penelitian adalahtes penguasaan konteks situasi dan kemampuan membaca pemahaman dalambentuk pilihan berganda. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan rumusProduct MomentSetelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari ananlisiskorelasi antara variabel X dan Y diperoleh harga korelasi sebesar 0,789 dansetelah dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan a= 0,05 adalah 0,320.Dengan demikian rhitung>rtabel atau 0,789>0,320 berarti hipotesis yang menyatakanadanya hubungan yang signifikan antara penguasaan konteks situasi dengankemampuan membaca pemahaman teruji kebenarannya. Hal ini berarti hipotesisalternatif (Ha) diterima dan (H0) ditolak yang menyatakan ada pengaruh yangsignifikan antara penguasaan konteks dengan kemampuan membaca pemahamanoleh siswa kelas VII SMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata kunci : konteks situasi, unsur unsur konteks situasi, membaca pemahaman,unsur unsur membaca pemahaman
PENGARUH MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN ORANG LAIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Dian Hirdaniati Safitri
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i1.1517

Abstract

Penelitianinibertujuan untuk mengetahui Pengaruh model SAVI dalam meningkatkankemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain pada SiswaKelas XSMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran2013/2014.Populasipenelitianadalahseluruhsiswakelas X SMA Negeri 15 MedanTahun Ajaran 2013/2014, yang berjumlah 312 orang dan sampel penelitian sebanyak32 orang.Pengambilansampeldilakukandengancaramenentukansatukelas yangdijadikanwakilpopulasiuntukditeliti.Metodepenelitian yangdigunakanadalahmetodeeksperimendengan desainpenelitianOne Group Pre-test PosttestDesign.Di dalamdesainini, pengukurandilakukansebanyakdua kaliyaitusebelumeksperimen disebut pretestdanpengukuransesudaheksperimendisebutpost-test.Dari pengolahan data,diperoleh nilai rata-rata pretest 64,24, standar deviasi 6,44, penyebaran nilai siswaterbanyak adalah 61,9 sebanyak 8 orang atau sekitar 42,32 %. Nilai rata-rata postest77,18, standar deviasi 7,9, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80,9 sebanyak 7orang atau sekitar 21, 8%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-testdinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakanbahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas danhomogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 7,12. Selanjutnya, t0dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = n -1 = 31 -1=30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,00. Berdasarkan perhitungan yang telahdilakukan, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 7,12 > 2,00. Dengan demikian H0(hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Pengujian hipotesismembuktikan bahwa Ada Pengaruh Penggunaan Model SAVI dalam MeningkatkanKemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Oleh Siswa KelasX SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Pengaruh–Model SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)–MenulisCerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KARYA MURNI SIDIHONI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Rukun Astrina Manik; Mutsyuhito Solin
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i2.3796

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Murni Sidihoni tahun pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 120 orang dan yang menjadi sampel penlitian sebanyak 40 orang. a . Dari distribusi data yang diperoleh : 1) kelompok pre- test memiliki rata-rata 60,67 dengan standard deviasi 5,6 ; dan 2) kelompok post-test memiliki rata-rata 82,75 dengan standar deviasi sebesar 4,78.Hasil  perhitungan uji  normalitas diperoleh : 1) kelompok pre-test memperoleh harga LO (Lhitung) =0,1217 dan Lt (Ltabel) =0,1401. Ternyata Lhitung < L tabel yaitu 0,1217< 0,140. Hal ini membuktikan bahwa data hasil menulis berita tanpa menggunakan media gambar tidak berdistribusi normal; dan 2) kelompok post-test memperoleh harga LO (Lhitung) =0,1389 dan Lt (Ltabel) = 0,1401. Ternyata Lhitung< Ltabel yaitu 0,8788< 0,8860. Hal ini membuktikan bahwa data hasil menulis teks berita menggunakan media gambar berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji variansi kelompok sampel yang diteliti diperoleh Fhitung =1,38 dan Ftabel = 2,11. Harga Fhitung <Ftabel yaitu 1,38 < 2,11. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homoge, hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar dari pada ttabel yaitu 18,87 > 2,02 pada taraf signifikasi 5%, maka hasil perhitungan uji hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media gambar berpengaruh  terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Swata Karya Murni Sidihoni Tahun Pembelajaran 2014/2015. Kata Kunci :Penggunaan Media Gambar, KemampuanMenulisTeksBerita
Pengaruh Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Anisah Kartika Putri
Asas: Jurnal Sastra Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v5i4.7042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Quantum Writing, lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Writing dan persen peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Quantum Writing pada pokok pembahasan menulis teks deskripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampelnya adalah kelas VII-3 SMP Negeri 35 Medan. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah 36  siswa.Data yang digunakan adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menulis teks deskripsi, yang terdiri dari dua penilaian. Yaitu, struktur teks deskripsi, dan ciri-ciri kebahasaannya. Selanjutnya data akan dihitung dengan uji “t” dengan rumus Sudjono (2007:282)to = Setelah diuji normalitas dan homogenitasnya. Dari penelitian diperoleh hasil rata-rata Pre-test sebesar 65.83. sedangkan rata-rata pada Post-test sebesar 81.11.Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 8.93   sedangkan ttabel  = 2.30. Hal ini berarti thitung > ttabel , dengan demikian hipotesis nihil ((Ho)  ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode Quantum Writing berpengaruh positif dalam kemampuan menulis teks deskripsi.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Hasmi Fauzi Hasibuan
Asas: Jurnal Sastra Vol 1, No 3 (2012): Asas:Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v1i3.980

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh penggunaanmetode pembelajaran Listening Team dalam meningkatkan kemampuanmengidentifikasi unsur intrinsik drama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VIII SMP Swasta Al-Ulum Medan dengan jumlah 127 siswa. Sampeldalam penelitian ini sebanyak 31 siswa, Metode penelitian yang digunakan adalahmetode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-testDesign. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan dengan tesobjektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Kata Kunci: - Pengaruh - Listening Team- Unsur Intrinsik Cerpen

Page 1 of 29 | Total Record : 283