Judul penelitian ini adalah Penggunaan Metode Laboratorium Mini untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan tahun 2016. Penelitian inibertujuan untuk membangkitkan aktivitas dan prestasi siswa, untuk membangkitkan kerja kelompokdan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan.Pelaksanaannya dilakukan di SDN 003 Koto Perambahan dengan dua siklus. Penelitian ini diobservasioleh satu orang observer dari guru teman sejawat, dengan berdasar pada instrumen-instrumen observasi.Sistem penilaian didasarkan pada tiga kategori yaitu cukup, baik, amat baik. Penelitian dilaksanakandengan prosedur sebagai berikut: 1).Perencanaan, yaitu menetapkan materi pelajaran, menyusun RencanaPelajaran, menyiapkan gambar-gambar/alat peraga yang sesuai, menyusun instrument observasi danevaluasi. 2). Tindakan, yaitu pelaksanaan pembelajaran pendidikan matematika, yang diobservasi olehpara observer untuk bahan refleksi. 3). Refleksi, yaitu pembahasan hasil observasi, untuk menentukanlangkah-langkah penelitian selanjutnya. 4). Tindak lanjut, yaitu tindakan dalam siklus berikutnya sesuaidengan hasil refleksi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 48 % atau ada 12 siswa dari 25 siswasudah tuntas belajar. Ketuntasan belajar pada Siklus II mencapai 96% atau ada 24 siswa dari 25 siswasudah tuntas belajar. Hasil Penelitian berdasarkan observasi dalam dua siklus, dapat penulis simpulkansebagai berikut: (1) metode laboratorium mini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa,sehingga mereka lebih tertarik belajar pendidikan matematika. (2) Berdasarkan hasil evaluasi ternyatamodel pembelajaran metode laboratorium mini dapat meningkatkan kemampuan siswa atau prestasisiswa dalam pembelajaran pendidikan matematika.
Copyrights © 2017