cover
Contact Name
Piki Setri Pernantah, S.Pd., M.Pd
Contact Email
piki.setri@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282384078345
Journal Mail Official
jp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kampus Bina Widya, Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Panam Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Riau
ISSN : 20864779     EISSN : 27158209     DOI : -
Core Subject : Education,
JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah publikasi bagi akademisi, praktisi dan peneliti dari berbagai PT Negeri, LPTK dan IAI/STAI Negeri dan PT Swasta seluruh Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 163 Documents
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PEMBERIAN TUGAS MEMBUAT PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA MATA KULIAH KIMIA ORGANIK I Herdini '; Asmadi '; Nurmayati '
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.035 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.2.%p

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuanmeningkatkan aktifitas dan hasil belaja mahasiswa, dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjekpenelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan kimia semester tiga tahun akademis2007/2008, yang berjumlah 23 orang. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian ini adalahdata aktifitas belajar mahasiswa, aktifitas mengajar dosen, lembar tugas mahasiswa (LTM),dan ketuntasan belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisadeskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil berturut-turut untuk siklus I, II, danIII sebagai berikut : Aktifitas belajar mahasiswa 43, 48%, 43, 78%, dan 44,94%, aktifitasdosen 67,05%, 67,43%, dan 69,70%, rata-rata nilai LTM 46,55%, 71,65%, dan 78,84%,sedangkan ketuntasan belajar mahasiswa yang didapat adalah 52,17 %, 73,91 %, dan 78, 26%. Dari gambaran hasil yang diperoleh terlihat bahwa peningkatan yang cukup berarti adalahpada hasil LTM dan Ketuntasan belajar. Peningkatan hasil LTM diiringi dengan peningkatanketuntasan belajar, sedangkan aktifitas belajar mahasiswa terjadi peningkatan, tetapi sangatkecil.
PENGGUNAAN METODE LABORATORIUM MINI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN Nur Ekasiswi
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.769 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.46-51

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penggunaan Metode Laboratorium Mini untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan tahun 2016. Penelitian inibertujuan untuk membangkitkan aktivitas dan prestasi siswa, untuk membangkitkan kerja kelompokdan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan.Pelaksanaannya dilakukan di SDN 003 Koto Perambahan dengan dua siklus. Penelitian ini diobservasioleh satu orang observer dari guru teman sejawat, dengan berdasar pada instrumen-instrumen observasi.Sistem penilaian didasarkan pada tiga kategori yaitu cukup, baik, amat baik. Penelitian dilaksanakandengan prosedur sebagai berikut: 1).Perencanaan, yaitu menetapkan materi pelajaran, menyusun RencanaPelajaran, menyiapkan gambar-gambar/alat peraga yang sesuai, menyusun instrument observasi danevaluasi. 2). Tindakan, yaitu pelaksanaan pembelajaran pendidikan matematika, yang diobservasi olehpara observer untuk bahan refleksi. 3). Refleksi, yaitu pembahasan hasil observasi, untuk menentukanlangkah-langkah penelitian selanjutnya. 4). Tindak lanjut, yaitu tindakan dalam siklus berikutnya sesuaidengan hasil refleksi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 48 % atau ada 12 siswa dari 25 siswasudah tuntas belajar. Ketuntasan belajar pada Siklus II mencapai 96% atau ada 24 siswa dari 25 siswasudah tuntas belajar. Hasil Penelitian berdasarkan observasi dalam dua siklus, dapat penulis simpulkansebagai berikut: (1) metode laboratorium mini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa,sehingga mereka lebih tertarik belajar pendidikan matematika. (2) Berdasarkan hasil evaluasi ternyatamodel pembelajaran metode laboratorium mini dapat meningkatkan kemampuan siswa atau prestasisiswa dalam pembelajaran pendidikan matematika.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING SCHOOLOGY SMAN 8 PEKANBARU RIAU Asnita Wati
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.604 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.52-60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelasXII SMAN 8 selama bencana kabut asap Riau dengan menerapkan pembelajaran E-learning Schoology.Dari hasil penelitian PTK didapatkan hasil, dari tiga submotivasi yang ada, submotivasi minat memperolehangka yang lebih rendah yaitu 3.98 dibandingkan submotivasi persepsi (4.14) dan kebermanfaatan(4.16).selanjutnya untuk hasil belajar pada siklus 1 diperoleh rerata ulangan harian sebesar 8.45 (tuntas),dan siklus kedua sebesar 8.80 (tuntas). Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajarane-learning schoology dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XII SMAN 8selama musim bencana kabut asap di Riau. Diharapkan bagi guru-guru biologi dan mata pelajarannyalainnya di SMA dapat menerapkan e-learning schoology dan melakukan penelitian lebih lanjut tidakhanya pada musim bencana kabut asap, tetapi juga dapat diterapkan pada pembelajaran biasa yangberbasis teknologi.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA Yennita '; Shinta Paramitha; Muhammad Sahal
Jurnal Pendidikan Vol 4, No 1 (2013)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.832 KB) | DOI: 10.31258/jp.4.1.31-36

Abstract

The main issue of this study was the view most of the students and communities that physics was a difficult subject and filled with so many formulas that cause students to be less motivated to learn physics, especially in senior high school. To increase student motivation, it was necessary to use innovative strategies in teaching physics. Has done a study of 65 students of class X SMA 8 Pekanbaru. The students were divided into two groups to determine the increase in motivation to learn physics with the implementation of peer tutoring strategies. ARCS motivation questionnaire used as research data collection instruments and the data was analyzed descriptively by calculating the gain motivation to learn phyiscs in the experimental group and the control group. The results of descriptive analysis showed that there was an increase in students' motivation of experiment group with motivation gain obtained amounting to 0.418 with a middle category. In the control group, as well as an increase in students' motivation to gain motivation of 0.244 with a low category. These results indicate that the use of peer tutors learning strategies in physics learning tend to increase the students' motivation. Keywords: physics teaching, learning motivation, peer tutoring
PENINGKATAN HASIL BELAJAR WRITING I MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADAMAHASISWA BAHASA INGGRIS FKIP UNRI Jismulatif '; Marzuki '
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.134 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.128-136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Group Investigation dapatmeningkatkan kemampuan menulis mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Inggris semester IIFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuanuntuk menemukan faktor-faktor apa yang menyebabkan peningkatan tersebut.Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sebagai sample penelitian iniadalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah writingIyang berjumlah 34 orang. Hasil observasipada siklus I berkisar (46.08%) dan skor hasil test siswa berkisar (65.14). Hasil ini belum memenuhikriteria yang ditetapkan untuk ketuntasan siswa yaitu 70. Sehingga diadakan tindakan ke dua (II)dengan melanjutkan pengajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.Setelah diadakan tindakan pada siklus ke II berdasarkan observasi dan tes yang dilakukan ternyatakemampuan siswa meningkat menjadi (86.26%) dan skor hasil test menjadi 77.64.Hasil penelitian inimemperlihatkan bahwa hasil yang telah dicapai siswa melebihi kriteria yang ditentukan. Dengan demikianmetode pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan prestasi siswa dalam membuat kalimatyang terdapat pada mata kuliah writing.Kata kunci : Rendahnya kemampuan menulis, Group Investigation, CAR
Pemetaan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Di Kabupaten Bengkalis Dan Kepulauan Meranti Provinsi Riau Hadriana '
Jurnal Pendidikan Vol 3, No 2 (2012)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.763 KB) | DOI: 10.31258/jp.3.2.%p

Abstract

The purpose of this research are: (1) to get clear description of students’ success inachieving basic competence on National Final Examination; (2) identify factors that caused unabilityof the students to acquire basic standard competence stated by the government; and (3) formulatealternative solution to increase the students’ standard competence at Bengkalis and Kepulauan MerantiRegency. The sample of this research were choosen based on the area of the school, SMAN IBengkalis, SMAN I Tebing Tinggi and SMAN Rangsang. The object of the research is English. Therewere two kinds of data needed in this research. Primary data gained from indepth interview,observation and questionaire, while secondary data obtained from documentation study. The result ofthe research indicated that some of the eight aspects stated by National Standard of Education were notapplied well, so it needs improvement.
PROFIL KETERAMPILAN KONSELING TEMAN SEBAYA (PEER COUNSELING) ANGGOTA PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK R) MELALUI JALUR PENDIDIKAN DI KOTA DEPOK Nur Asri Fitriani; Lara Fridani; Anan Sutisna
Jurnal Pendidikan Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.493 KB) | DOI: 10.31258/jp.10.2.108-116

Abstract

This study aims to determine the peer-counselling skills profile who are the members of PIK R (Youth Counselling Information Center), Educational Pathways in Depok. This research used a quantitative approach with a survey method. The samples were selected by using non-probability sampling, saturation sampling technique applied. The sample of the research is all the members of PIK R Educational Pathways in Depok. The respondents are from public junior high school of SMP Negeri 1 (13 students), public junior high school of SMP Negeri 2 (12 students), public junior high school of SMP Negeri 5 (17 students), public vocational school of SMK Negeri 1 (37 students and public senior high school of SMA Negeri 1 (26 students). The instrument used was the Counselor Competencies Scale – Revised consisting of 12 assessment indicators, in which each indicator has 5 statements. Categorization in this study uses a Likert scale with 5 answer choices. The results of the study showed as follows: overall categorization value that the counseling skills of PIK R members exceeding expectations by 25%, meeting expectations by 37%, approaching expectations by 30%, below expectations by 6%, and endangering by 1%. The highest categorization results regarding the peer-counseling skills profile of PIK R members have met expectations of 37%. Therefore, it indicates that the peer counselors of PIK Depok members have knowledge, skills, consistent traits, and they are proficient in counseling skills. The result met the objectives of the Generation Planning Program (GenRe) training activities for peer educators and PIK R peer counselors, namely to improve the knowledge, attitudes and behavior of peer educators and counselors in the GenRe program in managing and developing Indonesian youth PIK, particularly in Depok.
ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU Yenita Roza
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 1 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.54 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.1.%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kondisi yang mendukung serta hal yangmenjadi kendala proses integrasi program Teknologi Komunikasi dan Informasi di sekolah yang adadikota Pekanbaru. Matapelajaran TIK sejak kurikulum KBK tahun 2004 sudah menjadi matapelajaranwajib mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Tujuan dari pembelajaran ini adalahagar anak memahami perkembangan teknologi serta mengetahui keterbatasannya sehingga dapatmemanfaatkannya secara optimal. Disamping itu siswa juga diharapkan dapat meningkatkankemampuannya dalam matapelajaran lain dengan memanfaatkan TIK. Terdapat 37 sekolah yangdisurvey pada penelitian ini. Dari analisa data ditemukan bahwa 86.5% sudah menyajikanmatapelajaran TIK dan guru sudah menggunakan computer untuk kebutuhan kerjanya. Dalampenelitian ini juga diungkapkan bahwa guru menggunakan beberapa bentuk pendekatan dalammenyajikan matapelajaran TIK. Pendekatan yang dilakukan adalah penyajian kelas, praktek di labcomputer atau kombinasi kedua penyajian kelas dan praktek lab computer. Ketersediaan fasilitascomputer merupakan faktor kunci yang dihadapi guru dalam pembelajaran TIK.
PROFIL KARAKTER PESERTA SM3T UNIVERSITAS RIAU MELALUI TUGAS PROYEK Yustina '; Sri Kartikowati; Danilsyah '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.827 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.116-124

Abstract

Penelitian deskriptif ini dilaksanakan pada bulan April sampai November 2015, bertujuanuntuk melihat profil karakter peserta SM3T melalui tugas projek.Penelitian ini menggunakan teknik totalsampling yang melibatkan 32 guru SM3T-UR, dan didistribusikan 4 sampai 5 orang per-distrik pada 7distrik. Parameter penelitian adalah karakter mencakup 8 item yaitu: ketaatan menjalankan agama, jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri). Data dikumpulkan menggunakan lembaranangket penilaian teman sejawat dan lembar observasi.Data dianalisa dengan menentukan skor, persentasedan ditabulasi, selanjutnya dianalisa secara deskriptif.Hasil penelitian didapati karakter peserta dikategorikansangat baik di 4 distrik, yaitu distrik Poga, Nokapaka, Makki dan Dome, masing-masing dengan skorrerata > 3,60. Adapun peserta di Distrik Tiom, Indawa dan di distrik Guapaka dengan rerata skormasing-masing (3,57), (3,39) dan (3.37) dikategorikan baik. Item karakter tertinggi yaitu: ketaatan, kreatifdan percaya diri. Skor rerata item karakter terendah adalah peduli dengan skor 3,29.Kecenderungankarakter yang stabil adalah ketaatan, santun dan kreatif. Karakter yang cendrung menurun pada periode2 adalah peduli , sedang 4 karakter lainnya kecenderungan meningkat. Simpulan, melalui Tugas Proyekdapat membina dan meningkatkan karakter peserta SM3T UR kearah positif.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 35 PEKANBARU Syarifah Nur Siregar; Kartini '
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 1 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.997 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.1.44-53

Abstract

This study is a descriptive study that aimed to gain an overview ofthe quality and improvement of students 'social skills and improving students'mathematics learning outcomes after cooperative learning. The experiment wasconducted in the odd semester of academic year 2013/2014. The subjects were 40students of class VII.3 SMPN 35 Pekanbaru consisting of 20 boys and 20 girls.Data collected through questionnaire distribution, observation, and test. Dataanalysis was performed using descriptive techniques. The results showed thatsocial skills of students in a category medium (89.55). If the terms of the fiveaspects of social skills, the social skills consecutive highest to lowest is self-management skills (3.18), the skills to relate to others (3.09), the skills ofexpression (3.07), skill abide by the rules (3.04), and academic skills (2.70).Social skills of students increased after the cooperative learning that is equal to0.027. If the terms of the categories of social skills, then there is a markedincrease with increasing the number of students at the high skill category of 11students (27.5%) before the cooperative learning to 14 students (35%) after thecooperative learning. Mathematics learning outcomes of students also increasedafter the cooperative learning that is equal to 0.068. Increasing students'mathematics learning outcomes also occur if the terms of achievement KKMmarked by the increasing number of students who achieve KKM before learningcooperative of 15 students (23%) to 23 students (57.5%) after the cooperativelearning. The results of this study indicate that the application of cooperativelearning can improve social skills and mathematic learning outcomes of classVII.3 SMPN 35 Pekanbaru.Key words: Cooperative learning, social skill, mathematic learning outcome

Page 1 of 17 | Total Record : 163