Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 1 (2016)

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING SCHOOLOGY SMAN 8 PEKANBARU RIAU

Asnita Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelasXII SMAN 8 selama bencana kabut asap Riau dengan menerapkan pembelajaran E-learning Schoology.Dari hasil penelitian PTK didapatkan hasil, dari tiga submotivasi yang ada, submotivasi minat memperolehangka yang lebih rendah yaitu 3.98 dibandingkan submotivasi persepsi (4.14) dan kebermanfaatan(4.16).selanjutnya untuk hasil belajar pada siklus 1 diperoleh rerata ulangan harian sebesar 8.45 (tuntas),dan siklus kedua sebesar 8.80 (tuntas). Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajarane-learning schoology dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XII SMAN 8selama musim bencana kabut asap di Riau. Diharapkan bagi guru-guru biologi dan mata pelajarannyalainnya di SMA dapat menerapkan e-learning schoology dan melakukan penelitian lebih lanjut tidakhanya pada musim bencana kabut asap, tetapi juga dapat diterapkan pada pembelajaran biasa yangberbasis teknologi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...