Asas: Jurnal Sastra
Vol 4, No 3 (2015)

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Berdasarkan Cerpen yang Dibaca Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015

Sintia Fiky Prastiwi (Unknown)
Rosdiana Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 322 orang. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VIII-5 yang berjumlah 35 orang.  Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan instrument tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,57 standar deviasi 8,96 sedangkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,42 standar deviasi = 8,13. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas,, didapatlah to sebesar 6,72. Setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1 =35-1 = 34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,03 karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,72 > 2,03 maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.   Kata Kunci: Concept Attainment, Menulis  Naskah Drama

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...