Jurnal INSANIA
Vol 19 No 1 (2014)

PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI DI SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM 2013

Prayitno, Prayitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2015

Abstract

Tulisan ini bertujuan agar siswa Sekolah Dasar dapat menulis surat yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan bentuk surat dan kaidah bahasa. Peningkatan pembelajaran menulis surat resmi dapat ditanggulangi guru kelas dengan cara: (1) mengemas materi bahasa Indonesia dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran /kegiatan inti/langkah-langkah pembelajaran menulis surat resmi yang sesuai dengan kompetensi dasar Kurikulum 2013, dan (2) mengaplikasikan metode pemodelan dalam pembelajaran menulis surat resmi tentang peristiwa bencana alam pada peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar. This paper aims that elementary school students can write a good and correct letter in accordance with the provisions of letter forms and rules of language. Improving learning in writing an official letter can be overcome by teachers by means of: (1) packing the Bahasa Indonesian material in the lesson plan/core activities/steps of learning to write an official letter that corresponds to the basic competence in 2013 curriculum, and (2) applying modeling methods in learning to write an official letter of natural disasters on 5th grade elementary school students.

Copyrights © 2014