JURNAL EKSEKUTIF
Vol 1, No 1 (2013)

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS CATATAN SIPIL KABUPATEN MINAHASA SELATAN

POLI, CHRISTIAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2013

Abstract

Berdasarkan persepsi masyarakat pengguna pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik secara umum menyatakan kalau kualitas penyelenggaraan pelayanan publik sudah cukup memuaskan. Walaupun demikian,  ada  beberapa  aspek  pelayanan  yang  masih  memerlukan  perbaikan dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik yakni dari aspek  kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, dan kemudahan akses. Penilaian masyarakat terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang menyatakan baik dikarenakan berbagai faktor yakni prosedur mudah dipahami dan dilaksanakan, pengetahuan terhadap bagian yang akan mengurusi, pegawai berkompeten  terhadap  tugas  dan  fungsinya,  pegawai  mudah  ditemui,  urusan sesuai dengan yang dikehendaki, adanya bukti tanda terima yang diberikan, pegawai bertanggung jawab terhadap penyelesaiaan urusan, keluhan mengenai proses pelaksanaan urusan diterima dan diproses lebih lanjut, ketersediaan sarana dan  prasarana  pendukung  kantor  yang  cukup,  ketersediaan  angkutan  umum menuju   lokasi   kantor   cukup,   kondisi   jalan   menuju   lokasi   kantor   cukup, penampilan pegawai kantor bersih dan rapih, perilaku pegawai ramah dan sopan, kondisi kantor seperti kebersihan, keindahan, dan kenyamanan yang baik, dan ketersediaan fasilitas pendukung yang cukup. Penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik yang menilai rendah dikarenakan beberapa faktor yakni prosedur berbelit-belit, persyaratan teknis dan administratif kurang jelas, waktu untuk menyelesaikan urusan melewati waktu yang dijanjikan, kurangnya transparansi  biaya  yang  dikeluarkan,  dan  jarak  lokasi  kantor  dengan  tempat tinggal jauh.

Copyrights © 2013