Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengelolaan kelas guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih di MI Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Negeri 2 Kota Bengkulu yang berjumlah empat puluh tujuh orang. Dengan demikian, jumlah seluruh populasi sebagai sampel berjumlah 47 orang.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan sebagai berikut:Pertama, Terdapat pengaruh yang berarti pengelolaan kelas guru terhadap motivasi belajar siswa fiqih. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021 0,05 yang artinya ditolak atau diterima. Kedua, Terdapat pengaruh yang berarti pengelolaan kelas fiqih terhadap hasil belajar siswa bidang studi fiqih. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021 0,05 yang artinya ditolak atau diterima. Ketiga, Terdapat pengaruh pengelolaan kelas guru fiqih terhadap terhadap motivasi dan hasil belajar siswa . Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t (X1) yaitu nilai sig 0,021 0,05 dan (X2) yaitu nilai sig 0,004 0,05 yang artinya ditolak atau diterima.
Copyrights © 2019