Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol 4, No 2 (2019): DESEMBER

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MIN 2 KOTA BENGKULU

Eva Susanti (Unknown)
Rohimin Rohimin (Unknown)
Ahmad Suradi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengelolaan kelas guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih di MI Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Negeri 2 Kota Bengkulu yang berjumlah empat puluh tujuh orang. Dengan demikian, jumlah seluruh populasi sebagai sampel berjumlah 47 orang.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan sebagai berikut:Pertama, Terdapat pengaruh yang berarti pengelolaan kelas guru terhadap motivasi belajar siswa  fiqih. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021  0,05 yang artinya  ditolak atau  diterima. Kedua, Terdapat pengaruh yang berarti pengelolaan kelas fiqih terhadap hasil belajar siswa bidang studi fiqih. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021  0,05 yang artinya  ditolak atau  diterima. Ketiga, Terdapat pengaruh pengelolaan kelas guru fiqih terhadap terhadap motivasi dan hasil belajar siswa . Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t (X1) yaitu nilai sig 0,021  0,05 dan (X2) yaitu nilai sig 0,004  0,05 yang artinya  ditolak atau  diterima.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

albahtsu

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Library & Information Science

Description

Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, yang diterbitkan oleh Pascasarjana IAIN Bengkulu. Al-Bahtsu adalah jurnal yang memuat tentang hasil Penelitian Pendidikan Islam dan segala hal yang melibatkan Pendidikan Pendidikan Islam secara integratif. Jurnal ini diterbitkan oleh Pascasarjana IAIN ...