JURNAL TEKMAPRO
Vol 13 No 1 (2018): TEKMAPRO

PENENTUAN JUMLAH LOKET PELAYANAN YANG OPTIMAL DI BPJS KESEHATAN CABANG SIDOARJO

Asyor Itaar (Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Enny Aryanny (Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Erlina Purnamawati (Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui rata-rata waktu tunggu,utilitas server dan rata-rata waktu pelayanan, memberikan usulan perbaikan system antrian dan model antrian yang sesuaipada BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode simulasi dengan software ARENA versi 5.0. Metode simulasi dapat memberikan penyelidikan yang langsung dan terperinci dalam periode waktu tertentu dan lebih realistis terhadap system nyata. Data yang digunakan untuk analisis system antrian ini adalah data primer, yaitu berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan (server), untuk pengukuran waktu dilakukan dengan menggunakan bantuan stopwatch. Pelanggan yang dating memiliki waktu antar kedatangan yaitu dari 1.8-2 menit. Kemudian waktu yang dihabiskan pelanggan untuk mengantri berkisar antara 6-38 menit, dan lama waktu loket dalam melayani pelanggan mengabiskan waktu antara 6-17 menit.Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan 6 loket didapat utilitas server sebesar 99,64% ; apabila menggunakan 7 loket didapat utilitas server sebesar 86,46%, sedangkan menggunakan 8 loket didapat utilitas server sebesar 69,26%. Berdasarkan hasil dari 3 usulan perbaikan, maka dipilih usulan ke-2 yang paling optimal yaitu dengan penambahan 1 fasilitas pelayanan loket. Maka model antrian yang cocok adalah dengan system antrian Multichannel-Single Phase .

Copyrights © 2018