de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2018)

IDENTIFIKASI KREATIVITAS SISWA SLOW LEARNER DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Rino Richardo (Universitas Alma Ata)
Ahmad Anis Abdullah (Universitas Alma Ata)
Yuherni Yuherni (SMA Muhammadiyah Rambah, Rokan Hulu, Riau)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa Slow Learner dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa slow learner kelas X A SMA Muhammadiyah Rambah melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah matematika dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) menyimpulkan tingkat kreativitas siswa. Validitas data menggunakan triangulasi metode yaitu (penggabungan data hasil tes dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa slow learner hanya memiliki memiliki kemampuan kreativitas dalam memecahkan masalah matematika pada tingkat 1 (kurang kreatif) dan pada tingkat 0 (tidak kreatif).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

DEFERMAT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. ...