Penelitian ini berawal dari proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru, guru kurang melibatkan siswa selama pembelajaran berlangsung, siswa terlihat pasif. Keadaan tersebut berakibat kepada hasil belajar IPA siswa rendah dan belumk sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dasar serta meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode Discovery. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 16 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN no. 16 Padang. Instrumen lembar observasi hasil belajar aspek afektif dan psikomotor , lembaran observasi aspek guru dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa aspek kognitif pada siklus I adalah 6,3 dengan ketuntasan hasil belajar 30%; siklus II rata-rata 8,4 dengan ketuntasan hasil belajar siswa 91%. Penilaian hasil belajar aspek afektif pada siklus I 62% dan siklus II 89 %. Penilaian hasil belajar aspek psikomotor pada siklus I 75% dan siklus II 86%. Secara keseluruhan dapat terlihat bahwa dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SDN 16 Padang. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Discovery
Copyrights © 2013