Prosiding
2011: Seminar Nasional Statistika UNDIP 2011

MODEL EKONOMETRIK UNTUK ANALISIS KEPUASAN NASABAH PT. BPR KARTASURA SARIBUMI CABANG MASARAN DI SRAGEN

Budiwinarto, Kim (Unknown)
Trisnowati, Juni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2013

Abstract

AbstrakPerkembangan BPR  semakin pesat yang ditandai dengan keberadaan BPR mulai menjamur di berbagai  tempat. Dengan  semakin  menjamurnya  keberadaan  BPR,  maka pantaslah  kalau persaingan  dalam  bisnis  ini  menjadi semakin  ketat.  Berbagai  upaya  pemasaran  kini mulai dikembangkan.  Perhatian  terhadap  kualitas pelayanan  merupakan  kunci  keberhasilan dalam meningkatkan kepuasan nasabahnya. Tujuan penelitian ini adalah dengan model ekonometrika yang dibangun  digunakan  untuk  mengetahui  pengaruh  kualitas pelayanan  yang  terdiri  dari reliability  (X1), responsiveness (X2), assurance  (X3), emphaty  (X4), dan tangible  (X5) terhadap kepuasan  nasabah  (Y)  PT.BPR  Kartasura Saribumi.  Agar  mendapatkan  model  ekonometrika yang terbaik,  maka  dilakukan  pengujian  terhadap  asumsi-asumsinya.  Dari  hasil  analisis diperoleh model ekonometrika Y = -3,534 + 0,146 X1  + 0,317 X2  + 0,150 X3 + 0,492 X4  + 0,246 X5 + eKata Kunci:  Model  ekonometrika,  Asumsi,  Kepuasan, Reliability,  Responsiveness, Assurance, Emphaty,  Tangible

Copyrights © 2011