Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika

KONSEP BERPIKIR ANABABE SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI LISTRIK DC DAN LISTRIK AC DI SMA

Kholifudin, M. Yasin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2014

Abstract

Sebagian besar siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kebumen mengalami kesulitan dalam mempelajari kompetensi dasar kelistrikan yaitu arus dc dan arus ac khususnya dalam mempelajari dan mengaplikasikan dalam pemecahan masalah. Hal ini berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar mereka pada KD tersebut. Melihat kondisi terebut, penulis memberikan solusi untuk mempermudah mereka dalam mempelajari materi tersebut yaitu dengan mengaplikasikan pola berpikir Anababe yang meliputi menganalogi (C2), membandingkan (C6) dan membedakan (C4) materi listrik dc dan ac. Pada proses pembelajaran siswa melakukan aktivitas eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dari buku literatur, merangkum, mencatat, menabelkan konsep, melalui proses berpikir Anababe siswa menyimpulkan konsep dan mengaplikasikannya dalam menyelesaikan soal latihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa merasa termotivasi, sistematis dan terstruktur dalam belajar. Disamping itu motivasi, pola berpikir tingkat tinggi siswa serta hasil belajarnya meningkat Kata kunci : Konsep berpikir anababe, listrik dc, listrik ac.

Copyrights © 2014