Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 4, No 1 (2015)

PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Jati, Yoga Bririan (Universitas Sebelas Maret)
Mulyani, Sri (Universitas Sebelas Maret)
Hastuti, Budi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dilengkapi peta pikiran memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilengkapi peta konsep pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI semester 2  SMA N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas. Data prestasi kognitif dianalisis dengan menggunakan tes, prestasi afektif dengan angket, dan uji hipotesis dengan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dilengkapi peta pikiran memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan yang dilengkapi peta konsep pada materi pokok Sistem Koloid. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 2,353 > ttabel = 1,671 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 1,733 > ttabel= 1,671.   

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...