Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 2 (2016)

STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Palupi, Anisa Sekar (Universitas Sebelas Maret)
Haryono, Haryono (Universitas Sebelas Maret)
Nurhayati, Nanik Dwi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan media Ular Tangga dan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sambungmacan tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tourrnament (TGT) pada materi pokok sistem koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksprimen dengan desain the static group comparison yang dilaksanakan pada dua kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas yang menggunakan media Ular Tangga dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas yang menggunakan media Teka-Teki Silang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ular Tangga memberikan prestasi belajar aspek kognitif lebih baik dari pada media Teka-Teki Silang. Sedangkan pada prestasi belajar aspek afektif penggunaan media Ular Tangga dan Teka-Teki Silang tidak menunjukan pengaruh. Berdasarkan uji-t dua pihak, pada prestasi aspek kognitif ditunjukkan bahwa thitung(7,7405) > ttabel(2,0017), sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan prestasi aspek kognitif. Pada prestasi aspek afektif ditunjukkan bahwa thitung(0,5027) < ttabel(2,0017), sehingga Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan prestasi aspek afektif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...