Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 4 (2014)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA 4 SMAN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Vitria, Lativah Nurul (Universitas Sebelas Maret)
Utami, Budi (Universitas Sebelas Maret)
Mulyani, Sri (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif Team  Assisted  Individualization (TAI) dilengkapi handout. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksaan penelitian ini menggunakan sistem refleksi diri yamg dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan kembali sebagai dasar untuk pelaksanaan tindakan hasil dari adanya permasalahan pada siklus I. Subjek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas  XI IPA 4 SMA Negeri 2 Karanganyar  tahun pelajaran 2013/2014. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan observer. Teknik Pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi Handout dapat meningkatkan kualitas proses siswa pada materi larutan penyangga. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I diperoleh presentase keaktifan siswa sebesar 72,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,3%. Prestasi belajar kognitif pada siklus I diperoleh presentase sebesar 55,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,4%.  Sedangkan prestasi belajar afektif  pada siklus I diperoleh presentase sebesar 76,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,1%.  Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, Team  Assisted  Individualization (TAI), handout, kualitas proses, prestasi belajar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...