Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi handout. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksaan penelitian ini menggunakan sistem refleksi diri yamg dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan kembali sebagai dasar untuk pelaksanaan tindakan hasil dari adanya permasalahan pada siklus I. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan observer. Teknik Pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi Handout dapat meningkatkan kualitas proses siswa pada materi larutan penyangga. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I diperoleh presentase keaktifan siswa sebesar 72,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,3%. Prestasi belajar kognitif pada siklus I diperoleh presentase sebesar 55,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,4%. Sedangkan prestasi belajar afektif pada siklus I diperoleh presentase sebesar 76,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,1%. Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, Team Assisted Individualization (TAI), handout, kualitas proses, prestasi belajar.
Copyrights © 2014