Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan analisis siswa pada materi stoikiometri melalui strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium, (2) prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri melalui strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Analisis data menggunakan teknik analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi stoikiometri. Pada siklus I siswa yang tergolong memiliki kemampuan analisis tinggi sebesar 41,38% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. (2) Penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 55,17% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Based Learning (PBL) dengan menggunakan media laboratorium dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa kelas X-MIA 3 SMA Negeri 5 Surakarta.
Copyrights © 2015