Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 4 (2014)

EFEKTIVITAS PEMBERIAN PROBLEM POSING PADA MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sugiharto, Sugiharto (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Sulistyo (Universitas Sebelas Maret)
Mukaromah, Mukaromah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas model pembelajaran kooperatif  TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif  TGT dilengkapi Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, dan (3) efektivitas model pembelajaran kooperatif TGT dilengkapi Problem Posing dan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain ?Randomized Control Group Postest Only Design?. Sampel terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas eksperimen  I, eksperimen II dan kontrol. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa data tes dan data angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis digunakan uji anava satu jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran TGT lebih efektif dibanding metode diskusi informatif terhadap hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. (2) Penggunaan model pembelajaran TGT dilengkapi Problem Posing lebih efektif dibanding metode diskusi informatif terhadap hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. (3) Penggunaan model pembelajaran TGT dilengkapi Problem Posing lebih efektif dibanding model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.Kata Kunci: TGT, Problem Posing, hasil belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...