AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) tanggung jawab belajar teks deskripsi, (2) hasil belajar teks deskripsi, dan (3) tanggung jawab dan hasil belajar teks deskripsi dengan metode peta pikiran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Ngrampal, Sragen, semester I tahun pelajaran 2014/2015 dengan subjek siswa kelas VII G. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar teks deskripsi dengan metode peta pikiran pada siswa kelas VII-G SMP Negeri 2 Ngrampal semester I tahun ajaran 2014/2015, baik secara teoretis maupun empiris.Kata Kunci: metode peta pikiran, tanggung jawab belajar, hasil belajar, teks deskripsi AbstractThe goal of this research are: 1) to improve the responsibility descriptive text study, 2) to improve the result study descriptive text, and 3) to improve the responsibility and result study descriptive text by using mind mapping method. This research is a class action research of SMP Negeri 2 Ngrampal Sragen. The subject are VII G students on first semesters, year 2014/2015. The conclusion of this research there are improve on responsibility and result study descriptive text by using mind mapping method on students VII-G first semesters, year 2014/2015 through theoretical and empirical.Keywords: mind mapping method, responsibility, result study, descriptive text
Copyrights © 2020