Counselium
Vol 3, No 1 (2015): Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling

TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK SMP

Sugito, Fatmah Ayu (Unknown)
Asrowi, Asrowi (Unknown)
Makhmudah, Ulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

The purpose of this research was to improve students? self-efficacy through the module of psychodrama technique. This study used research and development approach. Based on the results of preliminary research which the field study and literature study, the researcher developed a product in the form of a module implementation of psychodrama technique to improve students? self-efficacy. The products, which have been produced were rationally tested by experts and practitioners. The results of the assessment which was done by experts and practitioners claimed that the product was categorized good and eligible for use, with an average value of 87.7%. Products that have been declared eligible for use next tested its effectiveness.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik melalui modul implementasi teknik psikodrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam pengujian efektivitas modul implementasi teknik psikodrama menggunakan pola eksperimen randomized control-group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil studi lapangan dan studi kepustakaan dikembangkan sebuah produk berupa modul teknik psikodrama untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik. Produk yang telah dihasilkan tersebut diuji secara rasional oleh ahli dan praktisi. Hasil penilaian dari ahli dan praktisi menyatakan bahwa produk dalam kategori baik atau layak untuk digunakan, dengan nilai rata-rata 87,7%. Produk yang telah dinyatakan layak untuk digunakan selanjutnya diuji keefektifannya. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa modul implementasi teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik.

Copyrights © 2015